Minggu, 09 September 2012

Penjernih Pengganti Pb-Asetat untuk Pengukuran Kadar Sukrosa


Pengukuran kadar gula (sukrosa) dengan metode polarimetri memerlukan bahan penjernih nira atau produk gula lain yang akan dianalisis. Selama ini bahan penjernih yang di-gunakan adalah timbal asetat yang di-ketahui bersifat racun kuat yang akumulatif. Penggunaan bahan ini cukup banyak, tidak kurang dari seratus kilogram per pabrik per musim giling, sehingga pembuangan limbah akan menimbulkan masalah lingkungan. Di samping itu, penggunaan timbal asetat mengalami hambatan (proses pe-nyaringan lama) bila kadar dekstran dalam nira tinggi. Penggunaan Pb-asetat sebagai penjernih dalam analisis pol (kadar sukrosa) sejak 1990 tidak direkomendasi oleh International Com-mission for Uniform Method of Sugar Analysis (ICUMSA) sehingga perlu dicarikan penggantinya.



Telah ditemukan dua alternatif pengganti Pb asetat (ICUMSA) yaitu Aluminium sulfat dan penjernih formula 2 yang masih dalam skala labo-ratorium. Bahan penjernih terdiri dari aluminium sulfat 0,9 M dan NaOH 4,4 M dalam komposisi volume yang sama. Bahan penjernih ini telah di-masyarakatkan dengan nama PSUT 94-1. Bahan penjernih ini telah digunakan antara lain di PG wilayah PT. Perkebunan Nusantara X (Persero), PT. Perkebunan Nusantara XI dan PT. RNI.
Penjernih formula 2 tersusun dari poli aluminium klorida dan kalsium oksida. Keunggulan dari formula kedua tersebut adalah tidak bersifat racun, dan dapat digunakan untuk analisis nira yang mengandung dekstran cukup tinggi. Uji coba formula tersebut telah dilakukan di sepuluh pabrik gula di Jawa Timur.
Cara membuat indikator ATB :
a. Alat dan bahan :
  1. Cawan porselen
  2. pengaduk
  3. Timbangan Berkel
  4. waterbath
  5. gelas kimia
  6. Aquaadest
  7. Pb asetat
  8. Pb Oksida
b. Cara Kerja :
  1. Timbang 600 gr Pb Asetat dan 200 gr Pb Oksida. masukan kedaam cawan porselen
  2. tambahakan aquadest dan panaskan dengan waterbath hingga menjadi bubur
  3. setelah berwarna merah panaskan lagi hingga berubah warna putih kemudian diencerkan dengan 500ml air panas. Indikator ATB siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar